by

Dunia Digital, Bikin Milenial dan Kolonial Jadi Gatal Kejar Viral

Jakarta, karenamedsos.com – Trend baru masyarakat digital, merubah perilaku bermasyarakat orang Indonesia, juga dunia.

Menurut Sosiolog Daisy Indira Yasmine dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (Fisip UI), terkait fenomena maraknya masyarakat memproduksi konten-konten di beberapa platform digital, mengatakan, “Yang penting, bertanggungjawab atas apa yang mereka buat dan memiliki pedoman yang sesuai aturan”.

Interaksi antarindividu, lanjut Daisy, di dalam dunia digital itu mengarah kepada monetisasi. Artinya, kita bisa mendapat keuntungan materi dari interaksi di ruang digital.

Lebih luas, Daisy menjelaskan lagi. Saat ini, yang paling dikejar orang ialah Youtube karena inovasi fitur-fitur yang diberikan lebih menarik, sedangkan Instagram, berada di peringkat tiga atau empat.

Apakah monetisasi itu yang mendorong seseorang bak kecanduan membuat konten?

Monetisasi di iklim digital bertujuan membangun transaksi ekonomi dari aktivitas digital. Selain itu, nilai platform digital adalah membangun keterbukaan dan fleksibilitas, yang menjadi ruang ekspresi diri dan pembentukan identitas yang bebas juga.

Selain memenuhi kesenangan dan hoby, pengguna platform video online ini, salah satunya karena bisa menghasilkan profit dengan cepat dan banyak.

Maraklah, setiap orang, kini menjadi YouTuber.

Laman viva.co.id terbaru melaporkan, beberapa artis Indonesia yang meraup keuntungan dari Youtube saja, bisa hingga miliaran rupiah.

Ini deretan youtuber tanah air hari ini.

1. Ria Ricis membuat konten mainan squishy mendapatkan 29 juta Subscribers. Ricis  mendapatkan hasil dari YouTube 5 Miliar perbulan.

2. Atta Halilintar mendapatkan 28 juta Subscribers. Dari konten percakapan tokoh-tokoh idola, Atta mendapatkan gaji 4 Miliar dari YouTube.

3. Jess No Limit mendapatkan 24 juta subscribe dengan konten mengulas game, dia mendapatkan hasil 1.7 Miliar dari YouTube.

4. Raffi Ahmad mendapatkan 22 juta Subscribers dengan konten sultan Andara dan mendapatkan gaji 1.6 Miliar dari YouTube.

5. Trans 7 Official

6. Baim Wong

7. Indosiar Official

8. Gen Halilintar

9. Naisa Alifia Yuriza

10. Sule

Tentu masih banyak artis artis yang lain yang tidak kalah banyak hasilnya dalam meraup pundi pundi rupiah dari platform youtube. Mulai Dedi Corbusier, Andre Taulani, Ari Laso, bahkan Ustadz Abdul Somad.

Hal ini banyak ditiru masyarakat luas, bukan hanya di Indonesia.

Di semua belahan dunia.

Anak, dewasa, muda, tua, pria, wanita, rakyat, pejabat, jemaat, agamawan, juga wartawan.

Saat ini juga banyak artis artis Indonesia membuat podcast dan konten konten menarik.

Baik artis muda hingga artis kawakan.

Syahwat meraup keuntungan dari YouTube juga membuat demam para entrepreneur muda, mereka juga mencoba membuat konten konten menarik di akun media sosialnya masing masing.

Yang menarik, demam bikin konten unik di akun media sosial ini, juga melanda para tokoh politik negeri banyak hutang ini.

Dari pada, mengeluarkan biaya produksi konten mahal, mending bikin ulah, belum lagi harus beli perangkat produksinya yang lengkap dan mahal.

Sebagian dari mereka, hanya mencoba bersikap kontroversi dengan masyarakat.

Murah biaya, simpel dan mudah viral.

Luka luka sedikit, tidak mengapa, honor dari YouTube kan gede.

Jadi jangan heran, bila lihat orang orang di sekitar kita saat ini.

Tiba tiba buka podcast, tiba tiba suka berperilaku tidak biasa, out of the box.

Tiba tiba suka belanja skincare, tiba tiba joged joged sendiri.

Tiba tiba gatal ingin viral

Bahkan, tiba tiba mendadak iman.

Saya melihat fakta itu di lapangan.

Mendatangi beberapa kelompok masyarakat.

Bahkan, saya juga lihat sendiri dengan turun ke lokasi demo mahasiswa Senin, 11 April 2022 di Senayan Jakarta.

Banyak bertebaran poster poster tuntutan mahasiswa dan warga, yang dibuat lebih dari sebuah lelucon, beberapa pemilik poster itu mengkritik pejabat negeri, karena negeri ini juga dikelola buat lucu lucuan saja.

Semua viral di media sosial, semua karenamedsos.com. (Uha)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed